SILABUS MATA KULIAH Seminar Pemasaran



Kode Mata Kuliah: -

SKS: 3 SKS

Program Studi: Manajemen / Pemasaran

Prasyarat: Mata Kuliah Pemasaran Dasar, Manajemen Pemasaran

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai konsep, teori, dan strategi pemasaran melalui diskusi akademik, analisis kasus, serta penelitian. Mahasiswa akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis tren pemasaran terkini, serta menyusun dan mempresentasikan makalah ilmiah.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Minggu Topik Materi Pokok Metode Pembelajaran Tugas
1 Pendahuluan dan Ruang Lingkup Seminar Pemasaran - Konsep dan tujuan seminar pemasaran - Metodologi penelitian dalam pemasaran Kuliah interaktif, diskusi Bacaan wajib tentang tren pemasaran
2 Teori dan Model Pemasaran - STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) - Marketing Mix (4P & 7P) - Perilaku konsumen Kuliah dan diskusi Resume jurnal pemasaran
3 Metode Penelitian dalam Pemasaran - Metode kualitatif dan kuantitatif - Penggunaan data dalam riset pemasaran Kuliah, studi kasus Menentukan topik penelitian
4 Sumber Data dan Analisis Riset Pemasaran - Pengolahan data dengan SPSS, SmartPLS - Analisis tren pasar Praktikum, studi kasus Analisis data sederhana
5 Digital Marketing dan Media Sosial - SEO, SEM, Content Marketing - Media sosial dalam pemasaran Presentasi dan diskusi mahasiswa Analisis strategi digital brand tertentu
6 Branding dan Strategi Merek - Brand Positioning - Brand Equity dan Loyalty Studi kasus, diskusi Studi kasus strategi branding
7 Analisis Kasus: Sukses dan Gagalnya Strategi Pemasaran - Studi kasus pemasaran global - Faktor keberhasilan dan kegagalanPresentasi kelompok, debat Studi kasus perbandingan
8 Mid-Semester Review & Evaluasi Penyusunan Proposal Penelitian PemasaranWorkshop, konsultasi Draft proposal penelitian
9 Presentasi Proposal Presentasi dan review proposal Presentasi individu Studi kasus perbandingan
10 Presentasi Proposal Presentasi dan review proposal Presentasi individu Draft proposal penelitian
11 Presentasi Proposal Presentasi dan review proposal Presentasi individu Draft proposal penelitian
12 Presentasi Proposal Presentasi dan review proposal Presentasi individu Draft proposal penelitian
13 Presentasi Proposal Presentasi dan review proposal Presentasi individu Draft proposal penelitian
14 Presentasi Proposal  Presentasi dan review Proposal  Presentasi individu Draft proposal penelitian
15 Presentasi Proposal  Presentasi dan review proposal  Presentasi individu Draft proposal penelitian
16 Evaluasi Akhir dan Kesimpulan Perbaikan proposal jika diperlukan Konsultasi Proposal Final (Perbaikan jika diperlukan)

Metode Penilaian

  1. Partisipasi Kelas & Diskusi - 20%
  2. Tugas & Studi Kasus - 20%
  3. Proposal Penelitian - 20%
  4. Makalah Akhir & Presentasi - 40%

Referensi Utama

  1. Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (16th Ed.). Pearson.
  2. Solomon, M. R. (2022). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (13th Ed.). Pearson.
  3. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (8th Ed.). Pearson.
  4. Artikel dan jurnal terkini dalam bidang pemasaran dari Harvard Business Review, Journal of Marketing, dan Journal of Consumer Research.

Komentar

POPULER

Pembangunan Infrastruktur Fisik dan Digital: Fondasi Penting Menuju Indonesia Maju

Internet of Things (IoT): Jaringan Cerdas yang Mengubah Dunia

SILABUS MATA KULIAH Pengantar Ekonomi Pembangunan

Data Center: Fondasi Penting Dunia Digital Modern

Smart City: Konsep Kota Cerdas Menuju Masa Depan Berkelanjutan